Uni Eropa Danai Perang Suriah dan Irak 1 Miliar Euro

Konfrontasi - Bantuan senilai satu miliar euro akan diberikan kepada Pemerintah Suriah dan irak untuk mendanai perang melawan kelompok Negara Islam (IS), kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, Jumat (6/2).

"Paket itu akan memperkuat tindakan kami membantu memulihkan perdamaian dan keamanan di wilayah itu, yang begitu dekat dengan kami dan yang hancur oleh terorisme dan kekerasan terlalu lama," kata Mogherini.

"Pembunuhan pilot Jordania Maaz al-Kassasbeh beberapa hari lalu adalah bukti lebih lanjut bahwa terorisme tidak memiliki batas dan bahwa Muslim adalah korban pertama Da'esh," katanya, menggunakan salah satu nama untuk kelompok Negara Islam.

Uni Eropa mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menyetujui "strategi komprehensif pertama Uni Eropa untuk mengatasi krisis di Suriah dan Irak dan ancaman Da'esh ".

"Hal ini menyatukan inisiatif yang sedang berlangsung dan direncanakan Uni Eropa dan negara-negara anggota serta untuk meningkatkan efisiensi mereka, dengan tambahan 1 miliar euro pada pendanaan untuk dua tahun ke depan," kata pernyataan itu.

Kekerasan Islam di Prancis dan Belgia dalam beberapa pekan terakhir telah memicu kekhawatiran di 28 negara anggota blok itu tentang risiko jika warganya akan bergabung dengan IS di Suriah dan Irak kemudian kembali untuk melakukan serangan teror. (akt)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA