Ternyata Ini Warga Wuhan Pertama yang Positif Terjangkit Corona

KONFRONTASI-Wuhan mulai bangkit dari keterpurukannya akibat wabah virus corona. Namun, meskipun telah pulih,  para peneliti tetap melakukan pekerjaan besarnya mencari tahu tentang sumber virus corona.

Walau disebut-sebut sebelumnya bahwa penyakit itu berasal dari pasar hewan, peneliti tetap melakukan pekerjaannya menelusuri pasien pertama yang membawa virus corona. Ini adalah hal terpenting untuk mencari kebenaran di balik peristiwa yang telah menelan ribun korban meninggal di seluruh dunia.

Peneliti perlu memahami bagaimana penyakit ini menyebar. Melansir South Morning China Post, kasus pertama pertama virus corona berhasil terlacak.

Orang itu adalah penduduk Hubei berusia 55 tahun, yang disebut menjadi orang pertama terjangkit Covid-19. Kasus tersebut menurut data tercatat pada 17 November 2019, atau sebulan lebih awal dari catatan dokter di Wuhan.
Setelah 17 November 2019, sekitar satu hingga lima kasus baru dilaporkan setiap harinya. Pada 15 Desember, total infeksi mencapai 27. Kasus harian tampaknya telah meningkat setelah itu, dengan jumlah kasus mencapai 60 pada 20 Desember 2019.

Dokter di  China baru menyadari jika mereka sedang menghadapi penyakit baru akhir Desember 2019.

Pada 27 Desember 2019, Zhang Jixian, seorang dokter dari RS Pengobatan Terpadu China dan Barat China Provinsi Hubei memberi tahu otoritas kesehatan bahwa penyakit disebabkan oleh virus corona baru.  Saat itu, lebih dari 180 orang telah terinfeksi.

Walaupun pasien pertama telah diketahui pada 17 November 2019, sejumlah peneliti masih terus mencari kemungkinan ada pasien sebelum tanggal itu, menyusul keraguan benarkah orang tersebut adalah orang pertama yang terjangkit.

Masih ada kemungkinan kasus yang lebih awal lagi untuk ditemukan.[mr/rm]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA