Tentara Nigeria Bebaskan Puluhan Wanita dan Anak-anak dari Sekapan Boko Haram

KONFRONTASI-Tentara Nigeria mengatakan pada Kamis telah membebaskan 59 orang yang ditahan oleh Boko Haram di tengah serangan terhadap kelompok militan di wilayah timur laut yang bergolak itu.

Mereka yang berhasil dibebaskan di antaranya 29 wanita dan 25 anak-anak, demikian laporan AFP.

Para sandera dibebaskan ketika militer menyerbu dua kamp kelompok militan di Distrik Konduga, Kota Borno, Rabu (29/7) sekitar 35 kilometer (22 mil) tenggara dari ibu kota negara bagian Borno, yaitu Maiduguri, kata juru bicara militer Tukur Gusau kepada wartawan.



"Selama operasi sejumlah teroris tewas," kata Gusau.

Sebanyak 29 perempuan, 25 anak-anak, dan lima orang tua dibebaskan.

Salah satu sandera, Mallam Modu Goni mengatakan sejumlah besar gerilyawan telah menculiknya dan beberapa warga desa pada pekan lalu. Kemudian dirinya dipaksa untuk pergi beberapa hari tanpa makanan sebelum tentara menyelamatkannya kemarin.

Awal pekan ini, tentara mengatakan telah membebaskan 30 sandera lainnya, termasuk 21 anak-anak.

Boko Haram telah menculik ribuan warga sipil, termasuk anak-anak dalam penggerebekan di desa-desa dan kota-kota di dalam dan luar Nigeria. Mereka juga memaksa warga non-Muslim untuk masuk Islam.

Kelompok tersebut juga telah memaksa gadis-gadis remaja dan perempuan muda untuk menjadi pelaku bom bunuh diri.

Dalam kurun waktu lebih dari seminggu, pembom bunuh diri telah menewaskan sedikitnya 47 orang dalam serangan di tempat-tempat ramai, termasuk pasar dan bar populer di kota-kota Nigeria dan Kamerun.[MR/TAR]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA