21 September 2019

Ribuan Perempuan Meksiko Demo Maraknya Kasus Pemerkosaan Oleh Polisi

Konfrontasi - Kasus pemerkosaan melibatkan anggota kepolisian marak di Meksiko. Sekitar dua ribu demonstran mayoritas perempuan melakukan protes atas kasus pemerkosaan tersebut.

Dikutip dari dw.com, jumlah polisi bertambah untuk ditahan dan diadili atas tuduhan pemerkosaan terhadap seorang karyawan wanita muda di sebuah museum kota.

Pada kasus lain, seorang gadis berusia 17 tahun memberikan kesaksian bahwa empat polisi telah memperkosanya pada 3 Agustus di mobil patroli ketika dia beranjak meninggalkan sebuah pesta di kotamadya Azcapotzalco, utara ibu kota.

Atas kasus yang terjadi, kemarahan semakin besar setelah pengacara kota, Ernestina Godoy mengatakan, bahwa para petugas belum didakwa karena alasan masih menunggu korban mengidentifikasi para pelaku.

Kasus lain, seorang gadis berusia 16 tahun mengatakan, petugas polisi memperkosanya di arsip foto di pusat kota. Polisi tersebut telah ditangkap minggu lalu.

Para demonstran berkumpul di pusat ibukota negara itu pada hari Jumat (18/8) dengan membawa cat semprot merah muda dan asap. Para demonstran dikenal sebagai "Glitter Protest" setelah aksi menutupi kepala polisi kota dengan kilau merah muda awal pekan ini.

Demonstran juga meneriakkan slogan-slogan mereka termasuk "polisi pemerkosa!", "Saya percaya Anda!", dan "Teman-teman saya melindungi saya, Anda tidak!"

Mereka menyerukan keamanan yang lebih baik bagi perempuan di depan umum dan bagi para pemimpin untuk mengecam orang-orang yang melakukan kekerasan pada perempuan. (mrdk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...