Rendam Jamur Kuping Semalaman, Wanita di China Tewas Keracunan

Konfrontasi - Seorang wanita 34 tahun meninggal dunia setelah mengonsumsi jamur hitam atau dikenal sebagai jamur kuping awan. Masalah, jamur hitam itu terlalu lama direndam dalam air.  telah direndam dalam air te, karena direndam dalam air terlalu lama.

Menurut China Press, insiden ini terjadi di Dongguan, provinsi Guangdong, China. Wanita malang tersebut merendam jamur dalam air untuk digunakan dalam masakannya, tetapi ia hanya menggunakan sebagian saja, sementara sisanya dibiarkan direndam dan digunakan pada hari berikutnya.

Jamur hitam ini biasanya dijual dalam bentuk kering, dan harus direndam dalam air hangat selama satu jam sebelum dikonsumsi, demikian menurut Healthline.

Namun, karena wanita itu membiarkannya terendam semalaman, sejenis bakteri tumbuh pada jamur yang menyebabkan wanita tersebut mengalami gejala mual dan tinjanya berubah menjadi hitam setelah memakan jamur tersebut. Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Wanita itu didiagnosis menderita gagal hati akut dan dirawat di unit perawatan intensif. Tetapi karena biaya perawatan yang mahal, wanita itu dibawa pulang ke rumah dan dirawat oleh keluarganya. Namun, dia menderita beberapa kegagalan organ dan akhirnya meninggal.

Dokter kemudian menemukan adanya racun dalam darah dan urine-nya yang disebut asam bongrek, yang disebabkan oleh produksi bakteri Pseudomonas aeruginosa dalam jamur kuping tersebut.

Para ahli mengatakan bahwa jamur hitam atau jamur kuping sebenarnya tidak memiliki racun. Tetapi, jika direndam dalam air terlalu lama, bakteri dapat tumbuh. Mereka mencatat bahwa jamur hitam harus direndam dalam air dingin atau diletakkan di lemari es selama sekitar 1 – 2 jam dan tidak lebih dari 4 jam dan tentunya tidak semalaman. Saat membeli jamur ini, pastikan jamur masih dalam keadaan segar, tidak lengket atau berlendir, dan tidak berbau. (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA