Politikus Inggris Ini Sebut Hitler Solusi untuk Masalah Israel

KONFRONTASI-Seorang anggota dewan kota di Inggris dari Partai Buruh diselidiki oleh pihak partai terkait komentar anti-Semit yang dibuat di media sosial. Dia menulis di Facebook bahwa Adolf Hitler memiliki solusi untuk masalah Israel.

Hitler merupakan bekas diktator rezim Nazi Jerman di masa Perang Dunia II. Rezim Hitler dituding sebagai pembantai etnis Yahudi secara besar-besaran di kamp-kamp konsentrasi Nazi yang dikenal dengan istilah Holocaust.

Politisi Inggris yang menulis komentar di Facebook itu bernama Damien Enticott. Dia merupakan anggota Dewan Kota Bognor Regis di West Sussex.

Tulisan di media sosial itu pula yang membuat Enticott mengundurkan diri. Dia juga meminta maaf atas tulisan tersebut.

Meski telah mengundurkan diri, statusnya sebagai anggota dewan sejatinya masih "skorsing" sampai keputusan hasil investigasi dari Partai Buruh keluar.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, dia mengatakan bahwa dia telah menonton sebuah video di mana tentara Israel menembak warga sipil yang tak bersenjata, beberapa dari mereka adalah anak-anak. Tulisan di Facebook itu merupakan konteks dari video yang dia lihat.

"Saya tidak setuju dengan Hitler dan genosida dan hal-hal seperti itu. Itu hanya komentar kering yang digunakan karena frustrasi," katanya.

Gerakan Buruh Yahudi (JLM) tidak menerima penjelasan Enticott. Ketua JLM, Ivor Caplin, menyebut permintaan maaf politisi itu masih "setengah-setengah".

Caplin mengatakan dia yakin orang-orang akan melihat langsung alasan Enticott.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA