17 November 2019

Paus Franciskus Marah Uni Eropa Tolak Pengungsi Afrika

Konfrontasi – Konflik sosial dan ekonomi terus meluas di beberapa wilayah Benua Eropa. Kondisi buruk ini menyedihkan bagi pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus.

Dalam sebuah pidato di Vatikan, Paus mengatakan seluruh warga Eropa untuk bekerjasama dan mengurangi ketegangan sosial. Ketakuan Paus disebabkan sebuah penyerangan oleh kelompok tertentu pada penampungan pengungsi di Torre Sapienza, Roma. Kejadian ini berlangsung pada akhir pekan tanpa memakan korban jiwa.

"Para warga dan pendatang datang bersama-sama dengan dengan perwakilan dari masing-masing lembaga dan bertemu di ruang paroki, untuk membicarakan tentang situasi," pesan Paus, Senin (17/11).

Para pengungsi di Roma mengalami tindakan kekerasan selama 3 hari. sebanyak 50 orang mengalami luka-luka karena serangan batu dan api.

Saat ini, pemerintah Italia gencar memeriksa sekitar 2.200 para pendatang yang mencari perlindungan. Pihak kepolisian Italia menyelamatkan ribuan pengungsi dalam operasi Operasi Mare Nostrum mulai tanggal 1 November. Sebanyak 150.000 pendatang terdampar di laut lepas dan bertahan hidup. Sayang, aksi terpuji tersebut justeru ditentang oleh beberapa pemerintah Uni Eropa dengan dalih mendorong arus pendatang dari kawasan Afrika ke Eropa.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...