Otoritas Suriah Mengecam Evakuasi White Helmets oleh Israel

KONFRONTASI -  Kementerian Luar Negeri Suriah di Damaskuc kemarin mengecam evakuasi ratusan anggota kelompok White Helmets (WH) bersama keluarga mereka oleh Israel.

Dilansir dari laman SBS, Senin (23/7), sebanyak lebih dari 400 anggota WH dan keluargnya dievakuasi dengan bus dari Provinsi Daraa dan Quneitra di sebelah selatan Suriah menuju Israel pada hari Minggu kemudian mereka diangkut ke Yordania untuk ditempatkan ke penampungan sementara dan nantinya akan dipindahkan ke negara Barat.

"Operasi kriminal yang dilakukan Israel dan anteknya di daerah itu mengungkap wujud asli dari White Helmets," kata sumber di Kementerian Luar Negeri Suriah seperti dikutip kantor berita SANA.

Sumber tersebut kembali menegaskan bahwa pemerintah Suriah menuding kelompok WH adalah teroris berkedok tim kemanusiaan dan Damaskus sudah memperingatkan dunia tentang 'bahaya'nya mereka.

Kementerian Luar Negeri Yordania mengumumkan dalam sebuah pernyataan, mereka menerima 422 warga Suriah untuk dipindahkan ke Inggris, Jerman, dan Kanada.

Kelompok WH menerima dana dari Inggris, Jerman, Kanada, dan Amerika Serikat serta sejumlah sumbangan pribadi.(Jft/Merdeka)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA