Organisasi Militer Sebesar NATO Tak Berdaya, Rusia dan China Bantu Italia Atasi Corona

KONFRONTASI -  Dalam perjuangannya melawan wabah virus corona alias COVID-19, Italia terus mendapat bantuan dari negara asing.

Setelah China, kini giliran Rusia yang mengirim bantuan medis ke negara anggota NATO tersebut.

Militer Rusia mulai menerbangkan bantuan medis ke Italia, hal tersebut langsung atas perintah Presiden Vladimir Putin. Di mana sebuah aksi yang oleh Moskow diberi label From Russia with Love. Pada Minggu (22/3), pesawat militer raksasa Il-76 mulai lepas landas dari pangkalan udara di wilayah Moskow. Sementara sehari sebelumnya, Presiden Putin telah berbicara dengan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dan kesepakatan kemudian dicapai antara masing-masing menteri pertahanan kedua negara.

Menurut Kremlin, bahwa Putin telah menyatakan dukungannya kepada para pemimpin dan orang-orang Italia dalam situasi sangat sulit yang mereka hadapi, dan telah memerhatikan permintaan bantuan dari Italia. "Giuseppe Conte menyatakan rasa terima kasihnya yang tulus atas langkah yang diambil Rusia, untuk mendukung Italia pada saat yang sulit untuk negara itu," ungkap Kremlin.

Saat ini, Moskow memang telah berusaha membangun hubungan dekat dengan NATO dan anggota Uni Eropa, Italia, dalam beberapa tahun terakhir.

Setidaknya, Moskow meminta Roma membantu membujuk Uni Eropa untuk mencabut sanksi yang dikenakan atas aneksasi Rusia atas Ukraina dari Krimea pada 2014, meskipun sanksi itu tetap ada.

Sementara itu, China, tempat asal mula wabah virus corona, telah lebih dulu mengirim pasokan medis ke Italia.

 Apesnya, sekutu-sekutu Italia di NATO seperti Amerika Serikat, Inggris dan Prancis justru tidak berdaya untuk membantu.(Jft/GenPi.co)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA