Korsel Kecam Aksi Rudal Korut di Tengah Wabah Corona

KONRONTASI-Militer Korea Selatan (Korsel) menganggap aksi Korea Utara (Korut) menembakkan dua proyektil yang diduga rudal balistik jarak dekat itu sangat tidak pantas saat dunia menghadapi wabah virus corona (Covid-19).

"Rudal itu ditembakkan menuju laut lepas pantai timur semenanjung Korea dari Sonchon, provinsi North Pyongan, sekitar pukul 6.45 hingga 6.50 pagi," ungkap Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS).

Sonchon berada di atas Pyongyang, dekat sudut barat laut semenanjung Korea.

"Aksi militer semacam itu oleh Korut sangat tidak pantas saat Covid-19 mengakibatkan kesulitan di penjuru dunia," papar pernyataan JCS yang menyerukan untuk segera menghentikan aksi semacam itu.

Peluncuran rudal itu dilakukan hanya beberapa jam setelah Korut mengonfirmasi akan menggelar sidang Majelis Rakyat Tertinggi atau parlemen di Pyongyang.

Sebagai acara yang mengumpulkan hampir 700 pejabat tinggi Korut di satu lokasi, pengamat menyatakan kegiatan itu menunjukkan kekuatan di tengah wabah corona.

"Jika itu tetap berlangsung, itu akan menjadi pertunjukan puncak kepercayaan Korut dalam mengelola situasi virus corona," papar Rachel Minyoung Lee dari portal pemantau Korut, NK News.

Korut belum melaporkan ada kasus yang telah dikonfirmasi meski pejabat militer Amerika Serikat menyatakan telah terjadi infeksi corona di Korut.

Korut menerapkan kontrol perbatasan yang ketat tapi berbagai organisasi bantuan menyatakan sistem kesehatan di sana sangat kekurangan sumber daya dan akibat sanksi internasional.(mr/snd)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA