Kerry Jamin Al-Aqsha Sepenuhnya Milik Umat Islam

KONFRONTASI-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, Kamis (13/11) atau Jumat pagi WIB, menjamin bahwa Masjid Al-Aqsa masih sepenuhnya milik umat Islam. Hal ini ditegaskan .

Ia mengatakan para pemimpin Israel dan Yordania sudah menyetujui langkah-langkah untuk mengurangi ketegangan antara Israel dan Palestina.

Kesepakatan dicapai setelah Kerry menggelar pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Raja Abdullah dari Yordania di Amman, Yordania, Kamis (13/11).

Israel dan Yordania adalah pelindung tempat suci di Jerusalem.

Pembicaraan di istana Raja Abdullah ini digelar beberapa jam setelah Menlu Kerry menemui Presiden Palestina Mahmud Abbas.

Kekerasan dalam beberapa hari terakhir di Israel dan kawasan pendudukan Tepi Barat, yang dipicu oleh sengketa akses beribadah di kompleks Al Aqsa di Yerusalem.

Kelompok ekstrem kanan Yahudi mengkampanyekan hak beribadah di kompleks Al Aqsa, yang membuat marah warga Palestina, meski pemerintah Israel menyatakan tidak berencana mengubah status quo Al Aqsa yang diterapkan dalam 10 tahun terakhir.

Dua warga Israel meninggal dunia setelah menjadi korban penikaman pekan ini sementara seorang warga Palestina tewas ditembak oleh polisi Israel.

Kerusuhan di wilayah pendudukan Yerusalem Timur sudah menyebar ke Tepi Barat dan kawasan-kawasan yang didiami komunitas Arab di Israel.

Sejumlah kalangan khawatir situasi ini akan memicu gerakan perlawanan baru oleh Palestina. [mr/inl/bbc]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA