Kejahatan Israel Bakar Balita Dilaporkan ke Mahkamah Pidana Internasional

KONFRONTASI - Palestina melaporkan Zionis Israel ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC) atas kasus pembakaran balita Palestina di Tepi Barat.  Riyadh al-Maliki, Menteri Luar Negeri Palestina menyampaikan pengaduannya kepada ICC pada Senin (3/8) terkait insiden di Duma yang merenggut nyawa Ali Saad Dawabshe, seorang balita Palestina, 18 bulan.

Menurutnya, pengaduan ini meliputi perincian tentang insiden di Duma dan secara umum mengenai kekerasan dan serangan pemukim Zionis terhadap warga Palestina.

Palestina juga menyusun laporan tentang peristiwa tragis tersebut di Dewan HAM PBB di Jenewa. 

Otorita Ramalah pada Jumat pekan lalu juga mengumumkan bahwa rezim Zionis bertanggung jawab atas kejahatan pemukim-pemukim Zionis yang merenggut nyawa Ali Saad Dawabshe.

Nabil Abu Rudeineh, juru bicara Otorita Ramallah menegaskan, jika kabinet Israel tidak memaksa untuk melanjutkan pembangunan distrik Zionis dan mendukung para pemukim, maka kejahatan ini tidak akan terjadi.

Warga Zionis ekstrim pada Jumat subuh, 31 Juli, menyerang desa Duma di dekat Nablus dan membakar rumah-rumah penduduk Palestina.

Menurut keterangan Ghassan Daghlas, seorang pejabat lokal di Duma, Ali Saad Dawabshe, gugur syahid akibat luka bakar parah di sekujur tubuhnya.

Selain Ali Saad, empat orang lainnya termasuk kakaknya juga menderita luka bakar serius akibat insiden pembakaran tersebut.[irb/ian]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA