8 December 2019

Italia Selamatkan 4.500 Migran di Laut Mediterania

KONFRONTASI-Petugas Badan Penjagaan Pantai Italia menyelamatkan sekitar 4.500 migran penumpang perahu-perahu karet dan sebuah kapal kayu di lautan Mediterania. Evakuasi tersebut berlangsung pada Selasa (5/7).

Demikian disampaikan Badan Penjagaan Pantai Italia, Rabu (6/7). Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), pada 2016, lebih dari 67.000 migran tiba di Italia melalui jalur laut. Jumlah tersebut belum termasuk 4.500 migran yang diselamatkan petugas Badan Penjagaan Pantai Italia.

Meski begitu, jumlah kedatangan migran tersebut menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015. Namun, total migran yang meninggal karena menjalani rute penuh bahaya seperti jalur laut melonjak. Sepuluh perempuan dilaporkan tewas di dasar sebuah perahu karet pekan lalu.

Penjaga pantai melaporkan telah mengkoordinasikan lebih dari 30 operasi penyelamatan yang dilakukan menggunakan kapal Diciotti. Selain itu, sejumlah kapal angkatan laut Italia serta kapal-kapal yang menjalankan tugas untuk badan pengawas perbatasan Uni Eropa, Frontex, juga ikut membantu. Menurut IOM, sebagian besar perahu yang mengangkut para migran untuk menyeberangi Mediterania, berangkat dari Libya dan Mesir.[mr/mi]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...