26 January 2020

Inggris Tolak Bantu Selamatkan Imigran Laut Mediterania

Konfrontasi - Inggris menolak berpartisipasi dalam operasi Uni Eropa untuk mencari dan menyelamatkan imigran yang menyebrangi Laut Mediterania sebagai usaha untuk mencapai Eropa, kata perwakilan Kementerian Luar Negeri Inggris, Selasa (28/10).

Komentar tersebut dikeluarkan karena operasi laut Italia Mare Nostrum akan berakhir minggu ini.

Menanggapi pertanyaan yang diterbitkan situs House of Lords pada tanggal 15 Oktober, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris menyatakan bahwa Menlu Inggris Joyce Anelay tidak akan membantu operasi pencarian tersebut.

"Kami tidak akan membantu operasi pencarian dan penyelamatan di Mediterania yang telah direncanakan itu," jawab Menteri Luar Negeri Inggris Joyce Anelay dalam laman tersebut.

"Menurut kami, yang telah dilakukan oleh para migran itu akan mendorong lebih banyak orang menyebrangi laut berbahaya tersebut, yang mebuat kejadian tragis dan kematian semakin meningkat. " Posisi pemerintah lebih terfokus pada negara asal dan negara transit untuk mengatasi penyelundupan manusia, tegas juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris.

Perdana Menteri Konservatif David Cameron telah memusatkan isu imigrasi sebagai upaya untuk mempertimbangkan kembali masuknya Inggris ke dalam organisasi Uni Eropa.

Namun, masalah ini menjadi alot akibat meningkatnya isu Partai Independen Inggris yang anti-imigrasi dan anti-Uni Eropa menjelang pemilihan umum bulan Mei lalu.

Menurut Komisi Uni Eropa sebuah operasi gabungan terbatas yang disebut dengan Triton akan dilakukan antara Uni Eropa dan Mediterania yang dimulai pada November 2014, dimana kegiatan ini diadakan untuk membantu Otoritas Italia menjalankan tugasnya.

Italia telah lama meminta bantuan dari negara-negara Eropa lainnya untuk mengawasi persimpangan laut berbahaya yang semakin ramai dijadikan jalur melarikan diri oleh para imigran akibat konflik dan kesulitan ekonomi di Timur Tengah dan Afrika.

Sebelumnya, berdasarkan catatan yang dilansir Organisasi Internasional untuk Migrasi "International Organization for Migration", sebanyak 3.072 imigran tewas karena mencoba menyeberangi Mediterania sepanjang tahun ini.(rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...