19 November 2019

Imam Gereja Italia Terjerat Kasus Pelecehan Seksual LGBT

Konfrontasi - Kasus pelecehan seksual yang mendera pemimpin gereja Katolik terus terungkap. Kali ini, seorang imam di Italia diduga melakukan perbuatan seks dengan sesama jenis.

Kardinal Angelo Scola menangguhkan Bapa Alberto Paolo Lesmo dari tugasnya sebagai pastor paroki di lingkungan Milan dari Muggiano. Dalam pengumumannya tersebut, kardinal meminta umat untuk tetap menjaga persatuan.

"Kardinal Scola dan seluruh keluarga mengungkapkan penderitaan mereka dan rasa sakit mereka, juga berdoa bagi korban, mereka yang dekat dengannya, dan untuk Bapa Lesmo," ucap Kardinal Scola, seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (27/3/2016).

Kardinal juga mengatakan, dugaan pelecehan diperkirakan terjadi antara 2009 hingga 2011. Sementara itu, penyelidikan baru dilakukan pada 2013 karena selama ini hal tersebut sangat disembunyikan.

Menurut kardinal, korban adalah seorang pecandu kokain yang secara sengaja melacurkan diri demi membiayai kebiasaannya. 

Skandal pelecehan seksual pada anak laki-laki terjadi di lingkungan gereja Katolik dalam beberapa tahun terakhir. Dugaan terjadinya pelecehan seksual yang dilakukan oleh pastor memecah keheningan gereja Katolik.

Kasus yang terkuak menyebar dari Amerika Serikat, Irlandia, Belanda, Australia, Prancis, Jerman, Austria, Belgia, Kanada, Meksiko, dan Polandia. 

Penyelidikan dimulai setelah Paus Fransiskus setuju untuk membentuk pengadilan internal gereja untuk menghukum para uskup yang menutupi pelecehan seksual yang dilakukan oleh para imam.

Namun, sejumlah korban skeptis bahwa penyelidikan dan sanksi tersebut akan membawa banyak perubahan. (vv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...