18 October 2018

IAEA Siap Bantu Denuklirisasi Korut

KONFRONTASI - Badan Energi Atom Internasional (IAEA), menyatakan kesiapannya  untuk memberikan bantuan organisasi kepada Pyongyang dan Washington dalam verifikasi denuklirisasi Korea Utara (Korut).


Direktur Jenderal IAEA, Yukiya Amano menyambut baik kesepakatan antara pemimpin Amerika Serikat (AS) dan Korut mengenai denuklirisasi secara penuh Pyongyang dan siap memberikan bantuan yang dibutuhkan dalam prosesnya.

"Saya menyambut Pernyataan Bersama Presiden Donal Trump dan pemimpin Korut, Kim Jong-un dalam pertemuan di Singapura yang mencakup komitmen Korut terhadap denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea," kata Yukiua.

"IAEA siap untuk melakukan kegiatan verifikasi di Korut yang mungkin akan diminta oleh negara-negara terkait, tunduk pada otorisasi oleh Dewan Gubernur IAEA," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (12/6).

Yukiya menambahkan, organisasi yang dia pimpin akan mengikuti pembicaraan antara AS dan Korut berikutnya mengenai implementasi kesepakatan yang dicapai selama pertemuan bersejarah di Singapura.
Seperti diketahui, Jong-un sepakat dengan Trump untuk menyelesaikan denuklirisasi dengan imbalan jaminan keamanan. Kesepakatan itu tertuang dalam pernyataan  bersama yang ditandatangani keduanya.(mr/tar)
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...