Film Kejahatan Serdadu Jepang Diputar di Bioskop Tokyo

KONFRONTASI - Film dokumen kejahatan serdadu Jepang selama perang Dunia Kedua diputar di sebuah bioskop Tokyo, ibukota negara ini.

Seperti dilaporkan Xinhua Ahad (5/7) salah satu bioskop di kota Tokyo memutar sebuah film dokumen yang menceritakan perbudakan seks oleh serdadu Jepang terhadap 200 perempuan Korea di akhir perang Dunia Kedua.

Menurut sumber ini, puluhan warga Tokyo sejak hari Sabtu pekan ini berbondong-bondong pergi ke bioskop tersebut untuk menyaksikan film yang berdurasi 215 menit ini.

Film terkait kejahatan seksual serdadu Jepang terhadap perempuan Korea selama perang Dunia Kedua berjudul Live with the Memory. Film ini dibuat diproduksi berdasarkan wawancara langsung seorang wartawan Jepang dengan para korban selama tahun 1994-1996.

Pengadilan Korea Selatan Rabu pekan lalu merilis vonis dan memaksa pemerintah Jepang membayar ganti rugi kepada para korban perbudakan seks selama perang Dunia Kedua dan keluarga mereka.

Aktivis Korea Selatan juga meminta pemerintah Jepang meminta maaf kepada rakyat Korea karena kejahatan terhadap perempuan negara ini. Dengan demikian Tokyo turut merasa prihatin atas penderitaan para korban.

Jepang dan Korea Selatan sejak berkuasanya Shinzo Abe, perdana menteri Jepang di tahun 2012, memiliki hubungan yang semakin renggang akibat sejumlah statemen Abe terkait penjajahan jepang di Korea serta keraguannya atas isu perbudakan seks terhadap perempuan Korea di masa akhir perang Dunia Kedua dan sejumlah friksi wilayah.[ian/irb]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA