Amerika Akan Persenjatai Ukraina

Konfrontasi - Terkait rencana pertemuan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Hollande dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Jumat (Sabtu WIB). Menlu Amerika Serikat, John Kerry mengatakan bahwa Presiden Barack Obama akan segera memutuskan kebijakan untuk mempersenjatai Ukraina.

"Kami tidak tertarik untuk terlibat dalam perang tak-langsung. Tujuan utama kami adalah merubah perilaku Rusia dan kami akan mempertimbangkan semua pilihan dengan berkoordinasi bersama negara-negara sekutu yang bersedia membantu tercapainya solusi damai," kata Kerry.

Rusia sendiri merespon ancaman Kerry dengan mengatakan bahwa pengiriman senjata ke Ukraina akan menyebabkan kerusakan hubungan diplomatik yang besar, demikian keterangan juru bicara Kementerian Luar Negeri Alexander Lukashevich.

Di sisi lain, komunitas internasional nampaknya mulai mengkhawatirkan perkembangan terbaru di Ukraina. Hal itu terlihat pada Kamis ketika NATO sepakat untuk memperkuat pertahanan di sekitar perbatasan Rusia, termasuk di antaranya pembentukan enam pusat komando dan pasukan siaga berkekuatan 5.000 personil. (viva)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA