25 November 2017

Yakiniku dan Bulgogi, Terlihat Serupa Tapi Tak Sama

KONFRONTASI-Nama bulgogi serta yakiniku tentu tak asing lagi bagi penggemar kuliner Korea dan Jepang. Makanan tersebut sama-sama dipanggang terlebih dahulu sebelum disajikan.

Baik bulgogi dan yakiniku juga biasa dikenal dengan barbeque ala Asia. Dengan daging yang bervariasi, bulgogi dan yakiniku ada di hati para penggemarnya.

Namun, ternyata dua kuliner itu punya perbedaan yang mendasar. Executive Chef Shabu Hachi, Djoko Santoso mengatakan perbedaan pertama adalah dari segi rasa.

"Kalau bulgogi itu cenderung manis. Karena memang bumbunya beda," kata Djoko kepada KompasTravel seusai acara Media Gathering Shabu Hachi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017).

Ia mengatakan bulgogi menggunakan bumbu gochuajang. Saus kental itu berbahan utama adalah beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi.

"Kalau yakiniku itu manis gurih," tambahnya.

Ada perbedaan lainnya yang bisa terlihat antara bulgogi dan yakiniku adalah cara memakan. Djoko mengatakan yakiniku biasa langsung disantap dengan nasi.

"Kalau di Korea itu bulgogi dimakan pakai daging lalu digulung pakai selada, ditambah gochuajang dan baru dimakan," ujar Djoko.

Selain menggunakan tambahan selada dan gochuajang, bulgogi juga biasa dimakan dengan kimchi. Kimchi adalah kuliner dengan irisan-irisan sawi putih serta taburan biji wijen.

Yakiniku bisa ditemukan dengan pilihan daging sapi biasa, daging sapi lada hitam, sapi bulgogi, daging ikan kakap, udang, dan ayam.

Kemudian untuk sayuran juga ada beberapa macam seperti kangkung, pok coy, sayur kimchi, bawang bombay dan masih ada beberapa lagi.[mr/trbn]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...