Tips Sulap Kopi Instan Jadi Ala Barista Tanpa Mesin Espresso

KONFRONTASI-Bagi sebagian besar orang, kopi menjadi salah satu minuman wajib dikonsumsi setiap hari sebagai penambah energi. Namun selama menerapkan physical distancing dan diam di rumah, ada banyak hal yang ini tak bisa dilakukan, salah satunya menikmati secangkir kopi yang dibuat oleh barista.

Meski begitu jangan berkecil hati, dengan menggunakan kopi instan pun kamu bisa membuat kopi favorit ala barista tanpa mesin espresso. Untuk lebih jelasnya, berikut cara untuk meracik kopi “mewah” di rumah seperti dilansir Metro, Senin (30/3).

Frappe Yunani

Gunakan cocktail shaker atau botol yang bisa ditutup rapat untuk membuat frappe. Pertama-tama, masukkan kopi instan dalam cocktail shaker, tambahkan gula secukupnya dan satu sendok makan air dingin. Kocok selama sekitar 30 detik hingga berbusa, lalu tuangkan ke dalam gelas. Anda dapat menambahkan lebih banyak air dingin atau susu, tetapi susu yang diuapkan akan membuat ini benar-benar otentik.

Ice latte

Ice latte menjadi salah satu kopi favorit. Untuk membuatnya di rumah sangat sederhana, Anda hanya membutuhkan es, kopi instan, susu, gula atau pemanis tambahan jika perlu.

Pertama-tama, masukkan jumlah kopi instan ke dalam gelas, siram dengan air panas hingga mencapai kubu kedua jari telunjuk, tambahkan pemanis ataupun susu sesuai selera, kemudian masukkan es dan aduk untuk mendinginkan kopi, dan kopi siap dinikmati.

Cappuccino

Bagian atas berbusa pada cappuccino adalah satu hal yang dirasa sulit untuk dipraktekkan di rumah. Namun tak perlu khawatir, itu mudah dibuat dengan cocktail shaker.

Untuk membuat Capuccino, pertama-tama seduh kopi instan seperti biasa, namun airnya jangan lebih dari setengah gelas. Lalu ambil susu cair dan tuangkan ke dalam wajan, panaskan hingga mendidih. Setelah itu, kocok susu menggunakan cocktail shaker setidaknya 20 detik. Jangan lupa gunakan sarung tangan untuk menjaga tangan agar tidak panas.

Setelah dikocok, tuangkan susu cair ke dalam kopi instan tadi, dan tambahkan busanya untuk bagian atas cappuccino. Agar semakin sempurna, Anda juga bisa menaburkan pala atau bubuk cokelat di atas kopi.

Ice Nutella

Bagi orang yang suka minuman manis mungkin ini adalah resep yang ideal. Tapi kamu akan membutuhkan semacam blender untuk ini. Caranya masukkan secangkir susu dingin, dua sendok makan Nutella, satu sendok makan kopi instan, dan setengah sendok teh ekstrak vanili ke dalam blender. Kemudian kocok semua bahan baku sampai berbusa, dan kopi siap dinikmati.

Spince Latte

Minuman ini menjadi salah satu favorit di kedai kopi, dan untuk membuatnya sendiri di rumah ternyata tidak sulit. Caranya sederhana, masukkan dua sendok teh kopi instan, dua sendok teh bubuk cokelat panas, sejumput pala, dan sejumput kayu manis ke dalam cangkir Anda. Seperti biasa, Anda juga bisa menambahkan gula sesuai selera.

Tambahkan beberapa sendok teh susu ke bahan bubuk Anda sampai menghasilkan konsistensi seperti pasta, lalu panaskan sisa cangkir susu di kompor sampai mulai menggelembung. Dari sana, tuangkan susu ke pasta, dan kopi siap disajikan.

Kopi cold brew

Cara membuat kopi cold brew cukup sederhana. Siapkan bubuk kopi dan air dingin, siapkan wadah atau botol yang bisa ditutup rapat, lalu tuangkan kopi ke dalam wadah disusul dengan air. Setelah itu, tutup rapat dan simpan kopi di lemari es selama 12 jam, setelah jadi saring hasil ekstraksi ke dalam gelas lain, dan kopi cold brew siap dinikmati.(mr/rol)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA