Tak Hanya Jeruk, Ini 9 Buah yang Miliki Vitamin C Terbaik

Konfrontasi - Vitamin C merupakan salah satu nutrisi atau kandungan yang dibutuhkan tubuh dalam konsumsi makanan sehari-hari. Kandungan ini dibutuhkan tubuh dalam membantu penyerapan zat besi, menghasilkan kolagen hingga meningkatkan daya tahan tubuh agar terlindung dari berbagai serangan penyakit.

Terlebih lagi, saat ini dunia sedang menghadapi pandemi global yang berasal dari virus penyebab penyakit Covid-19. Virus ini mudah sekali masuk dalam tubuh ketika sistem kekebalan tubuh (imun) lemah.

Sedangkan pada sistem imunitas yang kuat, tubuh dengan sendirinya akan melawan serangan virus yang masuk ke dalam tubuh. Tidak heran jika penyakit Covid-19 disebut sebagai self-limiting disease, di mana penyakit akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang kuat.

Sebagai salah satu asupan yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun, vitamin C bisa didapatkan dari mana saja, terutama dari konsumsi buah-buahan.

Buah jeruk sering kali disebut sebagai buah dengan sumber vitamin C yang tinggi. Tetapi ternyata kandungan vitamin C ini juga dimiliki berbagai macam buah lainnya. Bahkan dikatakan buah jambu mempunyai kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk.

Lalu buah apa saja yang mempunyai sumber vitamin C tinggi selain jeruk? Berikut beberapa buah vitamin C terbaik selain jeruk, yang perlu diketahui.

1. Jambu Biji

Bukan jeruk, jambu biji ternyata merupakan buah vitamin C paling tinggi. Dalam satu buah jambu biji, mengandung sebanyak 200 mg vitamin C yang jauh lebih banyak dibandingkan jeruk.

Bukan hanya itu, jamu biji juga mempunyai sumber serat yang lebih banyak daripada jeruk. Kandungan vitamin c dan serat pada jambu biji ini pun cukup memenuhi asupan harian untuk tubuh.

2. Pepaya

Buah vitamin C selanjutnya adalah buah pepaya. Buah dengan bentuk unik ini mempunyai sekitar 94 mg vitamin C dalam setiap setengah potongnya. Jumlah ini memang lebih rendah dari jambu biji, tetapi masih lebih tinggi dibandingkan buah jeruk.

Selain digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan ini juga bermanfaat mencerahkan kulit dan memperkuat tulang.

Bukan hanya itu, buah pepaya juga masih mempunyai kandungan lain yang tidak kalah bermanfaat untuk tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Kandungan ini sangat baik untuk memperlancar pencernaan, membantu metabolisme tubuh, dan mengontrol tekanan darah.

3. Kiwi

Kiwi juga masuk sebagai salah satu buah vitamin C tinggi. Setiap satu buah kiwi, terdapat sekitar 84 mg vitamin C. Jumlah ini pun masih lebih banyak dibandingkan kandungan vitamin C pada jeruk.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kiwi, mampu memberikan manfaat dalam membantu melawan infeksi akibat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, kiwi juga banyak mengandung serat dan kalium, serta rendah kalori sehingga sangat pas untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet.

4. Strawberry

Buah vitamin C tinggi berikutnya tidak lain adalah strawberry. Jenis buah berry yang satu ini mempunyai 52 mg kandungan vitamin C dalam setiap setengah gelas (125 ml).

Jumlah ini memang sedikit lebih rendah dibandingkan vitamin C pada jeruk. Tetapi strawberry mempunyai berbagai kandungan lain yang tidak kalah bermanfaat untuk tubuh. Seperti sumber antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium.

5. Nanas

Nanas juga termasuk buah vitamin C yang cukup tinggi. Nanas mempunyai sekitar 34 49 mg vitamin C dalam setiap setengah gelasnya (125 ml).

Di samping vitamin C, nanas juga mempunyai kandungan bromelain yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat bekerja sebagai enzim pencernaan yang bertugas memecah protein dalam makanan, mengurangi rasa kembung, serta dapat berfungsi sebagai zat anti-inflamasi.

6. Mangga

Mangga memiliki kandungan vitamin sebanyak 29 mg dalam satu buahnya. Jumlah ini memang terbilang kecil, namun masih cukup untuk dijadikan konsumsi vitamin C harian.

Selain vitamin C, mangga juga kaya akan sumber vitamin A, B6, E, kalium dan tembaga. Bukan hanya itu, mangga juga memiliki kandungan serat dan fitonutrien, yang berperan sebagai senyawa antioksidan untuk melindungi dari serangan kanker payudara dan usus besar. Tentu saja mangga menjadi buah vitamin C yang sayang untuk dilewatkan.

7. Leci

Selanjutnya, buah vitamin C bisa Anda dapatkan dari leci. Dalam setiap 100 g leci, terdapat 71,5 mg vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jumlah ini dapat dikatakan cukup tinggi.

Selain vitamin C, leci juga memiliki kandungan omega-2 dan omega-6 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak, jantung dan pembuluh darah.

8. Sirsak

Anda pun bisa mendapatkan asupan harian Vitamin C dari buah sirsak. Bukan tanpa alasan, setiap konsumsi 100 g sirsak, Anda bisa mendapatkan sekitar 20 mg vitamin C. Tidak hanya vitamin C, dengan konsumsi buah sirsak Anda juga akan mendapatkan nutrisi lain yang tidak kalah bermanfaat untuk tubuh.

Protein, karbohidrat dan niacin yang terdapat pada sirsak sangat berguna untuk mencegah penumpukan kolesterol dan mampu menurunkan risiko kanker. Sirsak menjadi salah satu buah vitamin C yang mudah didapatkan.

9. Blewah

Buah vitamin C yang tidak kalah tinggi selanjutnya adalah blewah. Dalam buah blewah terdapat kandungan vitamin C sebanyak 36,7 mg.

Selain vitamin C, buah blewah pun mempunyai kandungan air melimpah sehingga sangat baik untuk mencukupi hidrasi tubuh. Bukan hanya itu, blewah juga banyak mengandung serat, folat dan karoten yang sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Anda bisa mengonsumsi blewah untuk mencukupi asupan vitamin C harian dan nutrisi baik lainnya. (mrdk/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA