26 May 2018

Kunyah Permen Karet, Ini Dampak Positif dan Negatifnya!

KONFRONTASI-Banyak orang menyukai permen karet karena mudah dikunyah dengan ciri khas bisa menjadi gelembung saat ditiup.

Permen karet memiliki warna dan rasa yang beraneka ragam. Sejarah permen karet dimulai 9000 tahun yang lalu dalam bentuk pemanis madu yang dimakan para pemburu Swedia.

Dilanjutkan dengan kebiasaan orang-orang Yunani Kuno mengunyah damar dari Turki.

Permen ini juga menjadi rutinitas masyarakat di Amerika Utara mengunyah damar Cemara yang kemudian diganti parafin.

Kemudian, di era modern dikembangkan oleh Amerika menjadi bubble gum dan gum balls.

Permen karet dibuat dari getah pohon atau damar gliserin yang ditambah larutan gula, peppermint dan bahan lainnya kemudian diaduk dan dicetak.

Meski bisa dikonsumsi, permen karet juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Care2:

Manfaat Baik dari permen karet

1. Kesehatan mulut

Yang paling mencolok adalah permen karet telah dipuji oleh para ahli kesehatan karena mendukung kesehatan mulut yang baik.

Xylitol yang ditambahkan pada permen karet sebenarnya merupakan zat antibakteri yang berarti bisa membantu mengurangi bau mulut dan gigi berlubang.

Ratusan penelitian telah mengonfirmasi bahwa permen karet mendukung kesehatan mulut yang baik dan mengurangi penumpukan bakteri di mulut. Mungkin juga sedikit mengurangi tingkat plak pada gigi.

2. Brain boost

Studi telah menunjukkan bahwa permen karet tidak hanya bisa mengatasi tingkat stres tapi juga bisa meningkatkan daya ingat.

Sebuah studi yang meneliti beberapa siswa menunjukkan bahwa mengunyah permen karet secara signifikan bisa mengurangi tingkat stres saat belajar.

Selain itu, permen karet juga bisa meningkatkan produktivitas dan kewaspadaan. Mengunyah permen karet meningkatkan aliran darah ke otak, yang mungkin menjelaskan mengapa permen karet menyebabkan peningkatan kewaspadaan dan daya ingat.

3. Penurunan berat badan

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa permen karet bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet di pagi hari mendorong orang untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari, penelitian lain telah mengonfirmasi hal yang sebaliknya.

Permen karet justru mendorong berkurangnya konsumsi makanan sehat dan meningkatkan keinginan mengonsumsi makanan padat kalori.

Adapun dampak buruk dari permen karet antara lain:

Category: 
Loading...