19 July 2018

Inovasi 'Teh' Berbahan Daun Gambir Masuk Eropa

Konfrontasi – Kekayaan alam Indonesia memang belum terolah secara maksimal. Potensi komersil daun gambir pun luput dari tangan pemerintah selama hampir 7 dekade.

Tanaman gambir sedang menjadi buah bibir di Padang. Gambir diyakini mampu berkhasiat seperti tanaman teh. Pernyataan ini keluar dari peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Andalas (Unand) Padang, Prof Amri Bakhtiar.

"Daun gambir memiliki banyak senyawa katekin yang bermanfaat untuk antioksidan sebagaimana yang ada pada daun teh, sehingga potensial dijadikan minuman kesehatan," katanya, Kamis (13/11).

Amri menjelaskan proses pengolahan gambir mirip dengan teh mulai dari memetik sampai fermentasi. Senyawa katekin gambir lebih aman dari teh karena tidak ada kafein. Sehingga senyawa polifenol kompleks dan antioksidan bekerja maksimal.

"Saat ini telah dikembangkan empat varietas untuk daun gambir ini yakni Riau Gadang, Riau Ketek, Cubadak dan Udang," terangnya.

Gambir Riau berkarakter gelap bentuk besar atau kecil. Sedangkan Cubadak berdaun lebar dan gambir udang berwarna merah. Amir juga mulai memproduksi gambir dalam kemasan celup untuk pameran dan promosi. Bahkan, produk ini sudah dikenal di Latvia.

Category: 
Loading...