20 August 2019

Benarkah Konsumsi Pisang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan?

Konfrontasi - Selama ini buah pisang memang banyak diandalkan sebagai salah satu asupan bernutrisi bagi mereka yang sedang diet. Namun belakangan juga ada yang bilang bahwa makan pisang secara rutin bisa bantu menurunkan berat badan.

Dilansir Medical News Today, pisang mengandung banyak serat. Studi yang mengamati lebih dari 50 penelitian mengatakan bahwa peningkatan asupan serat sebesar 14 gram setiap hari dapat menyebabkan penurunan 10 persen pada keseluruhan asupan energi. Hal tersebut juga menyebabkan penurunan berat badan sebesar 2 kilogram selama empat bulan.

Menyanggah pendapat pada penelitian tersebut, dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter berkata bahwa konsumsi pisang perlu dikombinasikan dengan makanan lain yang juga sehat dan olahraga secara teratur agar bisa benar-benar membantu menurunkan berat badan.

“Kalau hanya makan pisang tapi tidak diimbangi dengan buah-buahan dan sayuran lain, berat badan tidak akan turun. Pisang memang banyak serat, tapi buah lain juga ada seratnya. Jadi, yang benar itu adalah makan pisang secara rutin, diimbangi dengan jenis buah maupun sayuran lain, serta olahraga secara teratur,” tutur dr. Sara. 

Itu artinya, pisang baru efektif untuk menurunkan berat badan apabila diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga secara teratur. Meski begitu, dr. Sara tidak melarang Anda untuk makan pisang. Ini karena buah berkulit kuning itu memiliki beragam manfaat berikut ini:

1. Kaya nutrisi

Pisang mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin B2, B3, B6, B9, vitamin C, dan mineral seperti potasium, kalsium, mangan, magnesium, dan besi. Semua kandungan tersebut bikin pisang sangat baik bagi tubuh Anda dan mampu menurunkan risiko terjadinya anemia.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan potasium tinggi yang ada pada buah pisang dapat membantu beberapa fungsi tubuh, yang pada akhirnya turut menjaga kestabilan irama jantung, tekanan darah, dan aktivitas otak.

3. Memperkuat tulang

Menurut sebuah artikel di Journal of Physiology and Biochemistry, pisang mengandung banyak fructooligosaccharides yang merupakan karbohidrat non-digestif penggerak priobiotik. Zat ini ramah terhadap pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Dengan makan pisang setiap hari, tulang akan menjadi lebih kuat.

4. Mencegah diabetes

Menurut meta-analisis yang diterbitkan di Sleep Medicine Reviews, kurang tidur dapat berkontribusi pada diabetes gestasional. Di sisi lain, kandungan magnesium dan tryptophan pada pisang dapat membantu Anda mendapatkan istirahat malam yang baik sehingga terhindar dari risiko penyakit tersebut.

Pada dasarnya, pisang adalah buah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Sayangnya, buah ini tidak bisa berdiri sendiri untuk membantu menurunkan berat badan. Anda perlu mengombinasikan kebiasaan makan pisang dengan konsumsi buah atau sayuran lain dan olahraga teratur agar benar-benar bisa meraih bobot ideal yang diinginkan. (jp/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...