25 May 2017

Waktu Tidur yang Ideal pada Setiap Orang

KONFRONTASI -   Kebutuhan tidur setiap orang tidaklah sama. Faktor usia sangat menentukan kebutuhan tidur tiap-tiap orang.

Tidak ada durasi tidur yang sempurna yang harus didapatkan setiap orang. National Sleep Foundation telah memperbarui pedoman pada berapa jam orang tidur perlu sesuai dengan usia mereka.

#Bayi yang baru lahir (0-3 bulan)
Bayi baru lahir butuh tidur 14-17 jam setiap hari untuk mendukung perkembangan mental dan fisik.

#Bayi 4-11 bulan
Kisaran tidur harus 12-15 jam setiap hari. Mulai bulan keempat, perubahan pola tidur bayi mulai terlihat. Bayi akan tetap terjaga untuk durasi yang lebih lama. Periode ini sering disebut sebagai “empat bulan regresi”.

 


#Batita (1-2 tahun)
Kisaran tidur harus 11-14 jam setiap hari. Ketika si kecil memasuki masa balita, kebutuhan tidurnya secara bertahap akan mulai berkurang. Pada titik ini, ia harus tidur lebih lama pada malam hari dibanding siang hari.

#Anak-anak prasekolah (3-5 tahun)
Anak prasekolah atau TK yang sudah membesar membutuhkan waktu tidur selama 10-13 jam setiap malam, waktu yang secara bertahap akan berkurang karena ia menjadi lebih tua.

#Anak usia sekolah (6-13 tahun)
Kisaran tidur harus 9-11 jam setiap hari. Pekerjaan rumah dan perangkat elektronik membuat anak-anak sibuk di usia ini, jadi penting untuk mengatur jadwal tidur dan menegakkan rutinitas tidur yang teratur.

#Remaja (14-17 tahun)
Kisaran tidur harus 8-10 jam setiap hari. Remaja cenderung memiliki pola tidur yang tidak teratur di sepanjang minggu. Mereka biasanya tetap terjaga ketika larut malam; dan hal ini dapat mempengaruhi jam biologis dan kualitas tidur.

#Orang dewasa muda (18-25 tahun)
Kisaran tidur harus 7-9 jam setiap hari. Penuaan yang sehat dikaitkan dengan pengurangan durasi tidur yang membantu dalam menjaga kewaspadaan siang hari.

#Dewasa (26-64 tahun)
Kisaran tidur harus 7-9 jam. Sekelompok spesifik neuron berhubungan dengan pengaturan pola tidur, yang disebut ventrolateral nukleus preoptic, dan mungkin perlahan-lahan mati saat usia bertambah. Semakin banyak sel-sel ini menghilang, waktu tidur akan semakin sedikit.

#Orang dewasa yang lebih tua (65+ tahun)
Banyak orang dewasa yang lebih tua kurang tidur dari yang mereka butuhkan. Alasannya adalah mereka sering mengalami kesulitan tidur. Orang tua membutuhkan minimal lima jam tidur meskipun idealnya 7-8 jam.(Juft/Tempo)

Category: 

loading...


News Feed

Loading...