26 September 2018

Suka Bermain Ponsel Pas Makan Malam itu Gak Sopan dan Bikin Tidak Bahagia

KONFRONTASI -  Kamu mungkin tidak bisa hidup tanpa smartphone di masa sekarang. Untuk menyelesaikan semua hal, mulai dari komunikasi sampai urusan pekerjaan, kamu tentu sangat mengandalkan smartphone. Jadi, tidak heran bila kamu sulit lepas dari smartphone, bahkan saat sedang makan malam.

Elizabeth Dunn dan Ryan Dwyer, dua peneliti dari University of British Columbia di Kanada. “Kamu tentu sering melihat orang duduk di restoran bersama teman atau keluarga di seberang mereka, dan bukannya saling berinteraksi, mereka malah menatap ponsel masing-masing,” kata Dwyer.

"Lantas kami benar-benar penasaran. Apakah hal itu berdampak pada interaksi sosial seseorang, dan apakah mereka sungguh menikmati waktu bersama orang lain?” ujar Dwyer lebih lanjut.

Hasil dari penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychology ini, yaitu penggunaan smartphone selama jamuan makan malam menurunkan kenikmatan pegunjung.

Keberadaan smartphone di meja makan membuat orang merasa lebih terganggu dan kurang terlibat secara sosial. Pada akhirnya, hal itu mengarah ke penurunan kenikmatan saat makan malam.

Dalam studi ini, para peneliti meminta 300 responden untuk pergi makan malam dengan teman atau keluarga. Tujuan para peneliti, yaitu untuk mempelajari bagaimana penggunaan smartphone mempengaruhi pengalaman interaksi sosial para responden. Tetapi para peneliti tidak ingin orang-orang dalam penelitian ini sadar akan tujuan tersebut.

Untuk menyamarkan tujuan penelitian, peneliti mengatakan kepada separuh dari kelompok tersebut bahwa mereka akan menerima pertanyaan yang terkait dengan penelitian melalui pesan di smartphone, pada waktu tertentu selama makan malam, sehingga mereka harus meletakkan ponselnya di atas meja.

Sementara separuh lainnya berpikir mereka akan menjawab pertanyaan di atas kertas selama makan malam, dan disuruh untuk menyimpan ponselnya. Sesudah itu, kedua kelompok menjawab pertanyaan tentang apakah mereka menikmati makan malam tersebut, penggunaan ponsel, dan pengalaman makan malam secara keseluruhan.

Respons pada responden yang menggunakan smartphone jelas menunjukkan penurunan tingkat kebahagiaan, karena harus melakukan hal itu dan menghabiskan rata-rata 11 persen dari waktu makan malam mereka.

Karena itu, Dwyer menyarankan untuk menerapkan aturan selama makan malam bersama teman atau keluarga. Kamu dapat meletakkan ponsel dalam mode “silent” di atas meja. “Cobalah untuk mematuhi aturan ini, sehingga kamu dapat membentuk kebiasaan baru. ”

Jika kamu dapat menahan godaan untuk tidak memegang smartphone, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam segala hal, termasuk makan malam.

“Penggunaan smartphone mungkin menular. Orang-orang lebih cenderung menggunakan smartphone, ketika orang lain juga menggunakannya. Jadi mungkin ada efek domino, ”jelas Dunn. "Dengan menyimpan smartphone saat berinteraksi dengan orang lain, kamu mungkin menciptakan efek domino yang positif."

9Jft/Uzone)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  



Berita lainnya

loading...