1 May 2017

Singkirkan Obat-obatan, Ayo Usir Stres dengan 7 Cara Mudah Ini

KONFRONTASI -   Setumpuk pekerjaan dan berbagai kesibukan sering membuat orang stres. Padahal stres tidak baik untuk kesehatan, pikiran, perilaku, dan sikap yang akan merusak mental, fisik, dan emosional.


Menghilangkan stres memang butuh waktu. Namun kita juga bisa meminimalkan dampak negatif stres dengan cara-cara berikut ini, seperti dilansir Timesofindia.com.

# Tarik napas dalam
Pernapasan yang tepat tidak hanya membuat rileks, tapi juga mengurangi stres dan meningkatkan energi. Mengambil napas dalam-dalam adalah salah satu cara paling sederhana dan mudah untuk meredakan stres. 

Duduk atau berdiri tegak dan tidak bungkuk, tempatkan salah satu telapak tangan di perut. Hirup udara segar perlahan-lahan sambil mengambil napas dalam-dalam, lalu embuskan perlahan. Tahan napas saat menghirup dan embuskan napas setelah lima detik. 
 

Yoga
Yoga adalah salah satu cara yang paling efisien untuk mengekang stres. Yoga merupakan kombinasi meditasi dan latihan yang bisa membantu memperkuat pikiran dan tubuh serta mengurangi ketegangan otot.

Duduklah dengan punggung lurus, silangkan kaki di paha. Jika sulit, duduk dengan kaki disilangkan dengan cara biasa. Telapak tangan tetap pada lutut, lengan lurus. Tutup mata, hirup lalu embuskan napas dalam-dalam dan perlahan. Berfokuslah pada pernapasan.

Mulailah dengan berlatih selama tiga menit dan secara bertahap meningkat. Jauhkan tangan dan kaki terpisah di sudut 45 derajat. Tutup mata dan hirup serta embuskan napas perlahan.

Bayangkan sesuatu yang indah
Bayangkan diri kita sedang berada di pantai terpencil dengan pohon-pohon palem atau kelapa subur dan laut yang indah. Bayangkan juga kita berada di hutan hijau yang sejuk dan segar, harum, serta bunga berwarna-warni. Membayangkan sesuatu yang indah, alami, dan menyenangkan dapat membantu mengurangi stres.

Dengar musik
Mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu menghilangkan stres dan membuat suasana hati lebih senang. Duduk dan dengarkan musik sekitar 20 menit untuk relaksasi.

Aromaterapi
Berendam di air hangat sambil dikelilingi lilin beraroma terapi ditambah minyak beraroma bunga bisa menjadi cara untuk membuat tubuh lebih rileks. Minyak vanili dan kayu manis efektif sebagai penghilang stres.

Habiskan waktu dengan hewan peliharaan
Hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, atau ikan, di rumah juga bisa membantu memperbaiki suasana hati.

Tidur siang
Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang singkat selama 15 menit dapat meminimalkan stres dan membuat orang lebih berenergi. 

Minuman panas
Minum secangkir kopi atau teh tidak hanya menyenangkan, tapi juga membuat rileks. Kafein bertindak sebagai penangkal stres dan membantu meningkatkan suasana hati. Namun berhati-hatilah, mengkonsumsi teh dan kopi berlebihan bisa berbahaya. Jika tak suka teh atau kopi, cobalah cokelat panas..(Juft/Tempo)

Category: 

loading...


News Feed

Berita Lainnya

loading...