25 May 2017

Ini Bahayanya Kosmetik Murah 'Made In' Asia

KONFRONTASI - Wanita selalu terobsesi dengan penampilan, terutama dari bagian wajah. Dalam upaya membuat wajah selalu terlihat cantik dan bersinar, pasti make up jadi pilihan terakhir kaum hawa. Tapi hati-hati, menggunakan kosmetik murah secara sembarangan bisa berakibat fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Situs berita internasional New Straits Times mengirimkan sebuah tim untuk menginvestigasi industri produk kosmetik bernilai miliaran dolar di Asia. Menurut laporan tim tersebut, yang jadi masalah dalam industri kosmetik di Asia adalah kurangnya regulasi, sehingga memudahkan produsen curang untuk memasarkan produk kosmetik palsu mereka dengan harga murah, tapi sebenarnya sangat berbahaya.

Pada tahun 2008, ASEAN Cosmetics Directive (ACD) menemukan banyak produk kosmetik dan kecantikan dipasarkan dalam skala luas tanpa terlebih dahulu menjalani toksisitas, serangkaian tes keamanan di laboratorium. Pihak produsen hanya perlu mencantumkan bahan-bahan kosmetiknya saja tanpa ada registrasi.

Menurut investigasi yang dilakukan tim tersebut, produk kosmetik murah yang mengandung bahan berbahaya, legal dijual di beberapa negara Asia, seperti di Tiongkok, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Untuk mengetahui apa dampak bahaya dari kosmetik murah tersebut, tim investigas melakukan penyamaran menjadi seorang pembeli kosmetik di salah satu pasar di Malaysia. Kemudian mereka mengirim bahan kosmetik tersebut ke Menteri Kesehatan Malaysia agar dikirim ke laboratorium untuk dilakukan tes.

Hasilnya menunjukkan, bahan kosmetik mulai dari pemutih kulit, masker wajah, lipstik, sunblock, maskara dan lainnya, mengandung banyak bahan berbahaya yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Diantaranya Hydroquinone dan Mercury, bahan utama pemutih tapi mengandung neurotoksin yang dapat menyebabkan kelumpuhan wajah. Selain itu juga ditemukan logam berat beracun dalam jumlah besar, seperti Cadmium (zat untuk mengubah warna kulit), Chromium (pewarna), Lead (efek mengkilap padak kulit), dan Arsenik (untuk meningkatkan kecerahan kulit).

Efek berbahaya dari kosmetik murah yaitu dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan dan bengkak, alergi kulit, dan penipisan pada kulit. Tapi untuk efek paling berbahaya yaitu dapat menyebabkan kanker kulit, gagal ginjal karena terlalu banyak logam berat dalam produk kosmetik, dan yang paling buruk adalah kematian.

Oleh karena itu, Anda jangan asal membeli produk kosmetik murah. Sebaiknya Anda membeli produk kosmetik yang terbilang mahal demi keselamatan Anda sendiri. (Juft/Viva)

Tags: 
Category: 

loading...


News Feed

Loading...