27 February 2020

Gaungkan Terus Edukasi Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia

KONFRONTASI - Sebagai salah satu hasil seni budaya Indonesia, batik sempat terlupakan dalam perkembangan dunia modern. Namun dalam beberapa tahun, batik kembali populer dan menjadi pusat perhatian dalam industri tanah air dan internasional. Apalagi sejak UNESCO (United Nations of Educational Scientific and Cultural Organization) menetapkan batik sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia pada 2 Oktober 2009.

Teknik membatik, budaya mencanting, ragam motif penuh filosofi dan cerita menjadi satu warisan budaya Indonesia yang diturunkan dari masa ke masa. Tentunya budaya warisan leluhur ini harus tetap digaungkan dan dilestarikan terutama bagi generasi muda mendatang.

Dalam hal ini, Galeri Indonesia Kaya (GIK) persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation punya caranya sendiri. Bertepatan dengan Hari Batik Nasional tahun ini, GIK meluncurkan video infografis berisi semua serba-serbi tentang batik mulai dari sejarah batik, langkah pembuatan batik, hingga jenis-jenis batik yang ada di Indonesia.

Video edukasi berbasis youtube ini secara khusus memperkenalkan dua jenis batik asli Indonesia yaitu batik tulis dan batik cap sebagai industri produksi lokal yang perkembangannya terhambat dengan adanya kehadiran batik print. Melalui video ini juga diharapkan masyarakat lebih menghargai para pengrajin batik lokal, salah satunya dengan memakai batik tulis dan cap.

Tak sampai disitu, Djarum Foundation yang terlahir di kota Kudus juga terus memperkenalkan salah satu batik tertua yang berperan besar dalam sejarah batik Indonesia, yaitu batik Kudus sejak 2011. Kegiatan ini juga didukung desainer ternama Indonesia, Denny Wirawan, yang merilis koleksi ‘Batik Kudus Balijava’. Sebanyak 80 koleksi pakaian untuk pria dan wanita ini akan tersedia di Alun-Alun Indonesia Grand Indonesia mulai 30 September – 19 Oktober 2015.

Di Hari Batik Nasional mendatang, Djarum Foundation juga akan meluncurkan buku bertema batik Kudus di Museum Tekstil. Buku ini berisi rangkuman cerita sejarah, pengetahuan tentang motif tradisional batik Kudus serta karakteristik istimewa dari batik Kudus itu sendiri.

Penasaran dengan serba-serbi batik yang unik dan eksotis? Yuk, kenali batik lebih mendalam di Galeri Indonesia Kaya. (Juft/Kcm)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...