27 January 2020

Vidi Aldiano Alami Kanker Ginjal, Apa Bedanya dengan Penyakit Ginjal?

Konfrontasi - Kabar mengejutkan datang dari Vidi Aldiano. Secara tiba-tiba ia mengakui didiagnosis mengidap kanker. Hal itu diungkapkan olehnya lewat sebuah unggahan video di akun Instagramnya. Dalam caption-nya secara gamblang ia menuliskan bahwa ia memiliki penyakit tersebut.

"I have cancer. Mohon doanya, dan mohon maaf apabila selama ini ada salah satu kata atau perbuatan. I love you guys," tulis Vidi dalam akun Instagramnya.

Di masyarakat sendiri, pemahaman mengenai kanker ginjal dan penyakit ginjal lainnya memang seringkali keliru. Lantas, apa sih sebenarnya beda dari keduanya, ataukah keduanya berhubungan satu sama lain?

Seperti dilansir dari Kidney.org, kanker ginjal adalah penyakit yang dimulai di ginjal.  Itu terjadi ketika sel-sel sehat dalam satu atau kedua ginjal tumbuh di luar kendali dan membentuk benjolan (disebut tumor).

Sementara itu, karsinoma sel ginjal adalah jenis kanker ginjal yang paling umum pada orang dewasa. Ini paling sering dimulai di lapisan tabung kecil di ginjal atau disebut "tubulus ginjal". 

Tubulus ginjal berfungsi membersihkan darah dan mengeluarkan air seni. Kanker sel ginjal sering menetap di dalam ginjal, tetapi dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, paling sering ke tulang, paru-paru, atau otak. Ada banyak jenis karsinoma sel ginjal. Jenis yang paling umum disebut karsinoma sel ginjal clear-cell, chromphobe, dan papiler.

Tugas utama ginjal adalah membersihkan limbah dan air tambahan dari darah. Memiliki penyakit ginjal berarti ginjal kamu telah rusak dan tidak dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik.  

Seiring waktu, penyakit ginjal dapat menjadi lebih buruk dan menyebabkan gagal ginjal.  Setelah gagal ginjal, perawatan dengan dialisis atau transplantasi ginjal diperlukan untuk tetap hidup. Penyakit ginjal dapat ditemukan dengan tes darah sederhana dan tes urine selama kunjungan rutin fasilitas kesehatan

Studi menunjukkan ada hubungan antara kanker ginjal dan penyakit ginjal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan penyakit ginjal mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk kanker ginjal. Di sisi lain, sekitar sepertiga dari 300.000 penderita kanker ginjal di Amerika Serikat telah atau akan menderita penyakit ginjal.

Meski demikian, tidak semua orang dengan kanker ginjal akan mendapatkan penyakit ginjal. Demikian juga, tidak semua orang yang memiliki penyakit ginjal atau transplantasi akan mendapatkan kanker ginjal. (vv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...