19 January 2020

Daftar Deretan Artis di Jatim yang Gagal ke Senayan di Pemilu 2019

Konfrontasi - Popularitas sebagai artis tak menjamin bisa memperoleh kepercayaan masyarakat menjadi wakil rakyat. Hal itulah yang terjadi pada musikus senior Ahmad Dhani Prasetyo dan Andre Hehanusa serta artis cantik Manohara Odelia Pinot. Bertarung di Daerah Pemilihan Jawa Timur I (Surabaya-Sidoarjo), mereka dipastikan gagal melenggang ke Senayan.

Dapil Jatim I terbilang dapil neraka. Nama-nama petahana, politikus kawakan, dan tokoh-tokoh lokal yang mengakar bertarung untuk DPR RI di dapil ini. Dari PDI Perjuangan, misalnya, ada di antaranya cucu Soekarno yang juga mantan calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur, Bambang DH, Indah Kurnia (petahana), dan penyanyi senior Andre Hehanusa.

Dari Partai Kebangkitan Bangsa, ada petahana yang juga artis Ibu Kota Arzeti Bilbina. Artis lain yang bertarung di dapil ini ialah musikus Ahmad Dhani Prasetyo dari Gerindra dan artis cantik Manohara Odelia Pinot yang maju dari Partai Nasdem. Namun, dari beberapa nama artis itu, hanya Arzeti yang lolos ke Senayan. Adapun Andre, Dhani, dan Manohara keok.

Hasil rekapitulasi suara tingkat provinsi di Jawa Timur menunjukkan, ada sepuluh nama dari delapan partai yang akan mengisi jajaran DPR RI dari Dapil Jatim I. Di dapil ini, PDI Perjuangan menjadi juara dengan meraih 620.688 suara dan memperoleh tiga kursi. Di bawahnya ada PKB dengan mengemasi dua kursi.

Berikut ini perolehan Kursi DPR RI Dapil Jatim 1 menggunakan metode sainte lague berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Jawa Timur:

  1. Kursi Pertama (PDI Perjuangan): Puti Guntur Soekarno (139.794 suara)
  2. Kursi Kedua (PKB): Syaikhul Islam (140.631 suara)
  3. Kursi Ketiga (Gerindra): Rahmat Muhajirin (86.274 suara)
  4. Kursi Keempat (Golkar): Adies Kadir (106.106 suara)
  5. Kursi Kelima (PDI Perjuangan): Bambang DH (123.906 suara)
  6. Kursi Keenam (PAN): Sungkono (50.606 suara)
  7. Kursi Ketujuh (PKS): Sigit Sosiantomo (45.775 suara)
  8. Kursi Kedelapan (PKB): Arzeti Bilbina (53.185 suara)
  9. Kursi Kesembilan (PDI Perjuangan): Indah Kurnia (56.437 suara)
  10. Kursi Kesepuluh (Demokrat): Lucy Kurniasari (28.378 suara)

Hingga Jumat siang ini, 10 Mei 2019, proses rekapitulasi di Jawa Timur masih berlangsung di Hotel Singgasana Surabaya. Rekapitulasi menyisakan dua kabupaten Pulau Madura, yakni Sampang dan Bangkalan. Hal ini molor dari target awal Komisi Pemilihan Umum Jatim merampungkan rekapitulasi pada Kamis kemarin, 9 Mei 2019.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan, awalnya pihaknya menargetkan hasil rekapitulasi tingkat provinsi akan dibawa ke KPU Pusat pada 11 Mei 2019 mendatang. “Dengan perkembangan dinamika hari ini, mungkin kita geser tanggal 12 atau 13 kita rekap ke KPU RI,” katanya. (vv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...