8 April 2020

Sri Mulyani Sebut Donald Trump dan Kim Jong Un Ancaman Geopolitik Dunia

Konfrontasi - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut ancaman geopolitik dunia saat ini adalah ketegangan hubungan antara Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un. Kondisi ini dapat memengaruhi perekonomian global.

"Dulu saat 2015, kalau bicara geopolitik Ukraina, ISIS. Tapi hari ini geopolitikal di 2017 adalah Presiden Trump dan Kim Jong-un. Dua pemimpin yang keduanya pegang nuklir, dan sangat sulit diprediksi," kata Sri Mulyani di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (9/9/2017).

AS dan Korut awalnya tidak pernah muncul dalam peta geopolitik dunia. Namun, kini keduanya menjadi sorotan pemimpin dan masyarakat dunia.

"Tiongkok dulu hadir di Laut Cina Selatan dengan kekuatan militer yang luar biasa di wilayah Asia ini. Maklum saja, ekonomi Tiongkok nomor 2 terbesar di dunia. Sehingga setiap pertemuan di Beijing atau Washington, bicara security, maka jangan sampai AS dan Tiongkok misunderstanding, dan akhirnya perang karena Asia dianggap kawasan paling aman," jelasnya.

Sri Mulyani mengatakan, negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) harus mampu menjaga kekompakan sehingga bisa menjadi penyeimbang di tengah geopolitik yang tengah memanas. Termasuk Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN.

"Kalau bisa jaga kekompakan, ASEAN bisa jadi penyeimbang," tandasnya. (lptn6/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...