Senin Depan, Darmin Janji Tagih Maskapai Soal Harga Tiket Pesawat

Konfrontasi - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution janji akan menagih kebijakan maskapai soal penurunan tarif ket pesawat pada Senin, 1 Juli 2019.

"Jadi ya kita geser ke Senin saja, nanti saja. Jangan ditanya gimana nantinya, karena belum," ujar dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat, 28 Juni 2019.

Darmin enggan membahas apakah sudah ada atau belum maskapai yang menyetor rute, jadwal dan besaran penurunan tarif tiket pesawat yang siap diberikan. Namun, ia menjamin akan menagihnya pada Senin mendatang bila maskapai tak kunjung menyetor. "Pokoknya Senin kalau enggak ada, ya kami tagih."

Pemerintah sebelumnya meminta maskapai penerbangan berbiaya murah atau LCC melorotkan harga tiketnya untuk jadwal dan rute tertentu. Permintaan tersebut disampaikan Darmin pada 20 Juni 2019. Darmin mengatakan pihaknya juga bakal mengucurkan insentif fiskal kepada sejumlah pelaku jasa dan kegiatan yang berkaitan dengan industri penerbangan.

Upaya tersebut merupakan salah satu cara untuk membantu stakeholder mengefisienkan biaya di sektor aviasi sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Sementara itu, kebijakan penurunan harga tiket penerbangan akan diberlakukan untuk maskapai LCC dengan jadwal penerbangan tertentu mulai pekan ini.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan draf rancangan peraturan pemerintah atau RPP yang memuat pemberian insentif fiskal ini telah kelar digodok.

“Terkait dengan upaya penurunan tiket angkutan udara, saat ini RPP sudah selesai diparaf para menteri-menteri terkait,” ujarnya dalam pesan pendek kepada dilansir Tempo, Jumat, 28 Juni 2019.

Menurut Susiwijono, dalam RPP, pemerintah memungkinkan menggratiskan biaya pajak pertambahan nilai untuk sejumlah bidang yang berkaitan dengan kebutuhan angkutan penerbangan. Di antaranya jasa persewaan, perawatan, dan perbaikan pesawat udara. (tmp/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA