18 January 2020

Pengangguran Masih Jadi Tantangan Berat Pemerintah

KONFRONTASI-Pengangguran saat ini masih menjadi ancaman bagi pemerintah. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih belum berdampak pada peningkatan jumlah lapangan tenaga kerja.

Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil pun mengingatkan bahwa pengangguran saat ini belum sepenuhnya dapat teratasi. Hal ini juga belum terlepas dari efektifnya program pemerintah pada sektor pariwisata dan sektor industri

"Tingkat pengangguran terbuka atau kemiskinan tahun ini masih mengajari tantangan yang lebih berat. Hal ini berdampak pada kemiskinan 2016. Untuk itu kita buat program harapan keluarga dari 3,5 juta jadi 6 juta, itu langsung bertujuan membantu warga miskin," kata Sofyan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Berbagai upaya pun telah dilakukan agar pengangguran tak berdampak langsung terhadap kemiskinan. Salah satunya adalah pendataan yang dilakukan oleh BPS dengan membentuk data khusus untuk masyarakat miskin.

Menurut Kepala Badan Suryamin, saat ini nantinya dapat digunakan untuk memetakan kebutuhan penduduk miskin di Indonesia. Dengan begitu, maka pemerintah dapat melakukan kebijakan yang tepat dengan mengandalkan data ini.

"Kami punya dua jenis data kemiskinan yakni kemiskinan makro dan kemiskinan mikro," jelas Suryamin.

Kemiskinan makro merupakan evaluasi program pengentasan kemiskinan yang dihitung berdasarkan survei dua kali setahun yakni Maret dan September. Sedangkan Kemiskinan mikro penghitungan kemampuan masyarakat memenuhi kebutuhan dasar.[mr/okz]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...