19 August 2019

Ekonomi Cina Melemah, Bursa Asia Jeblok

KONFRONTASI - Pelemahan ekonomi China mengguncang Indeks bursa saham Asia. Pada pembukaan perdagangan awal pekan ini, Senin 10 Agustus 2015, bursa saham Asia anjlok karena adanya indikasi pelemahan ekonomi di China.

Dilansir Reuters, indeks MSCI Asia Pasifik, di luar jepang, berada di level terendah dalam satu setengah tahun. Indeks Jepang, Nikkei, jatuh 0,4 persen. Indeks Korea Selatan pun turun 0,3 persen.

"Pasar mulai menghitung secara struktural rendahnya pertumbuhan di China," kata Yoshinori Shigemi, analis strategis pasar global JP Morgan Asset Management.

Ekspor China anjlok 8,3 persen. Ini merupakan penurunan tertinggi dalam empat bulan. Harga-harga grosir berada di tingkat terendah sejak 2009.

Sementara itu, mata uang dolar Amerika Serikat (AS) masih terus menguat terhadap mata uang asing lainnya, setelah the Fed mengindikasikan akan menaikkan suku bunga pada akhir tahun ini.

Mata uang yen melemah terhadap dolar AS di posisi 124 yen per dolar. Euro juga melemah diperdagangkan di posisi US$1,09.[vvn/ian]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...