19 September 2019

Citibank Prediksi Tahun Depan Ekonomi RI Tumbuh Melambat di 5%

KONFRONTASI -  

Pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2019 diperkirakan lebih rendah bila dibandingkan dengan 2018. Citibank Indonesia memperkirakan, pada 2019 ekonomi nasional akan tumbuh sebesar 5,0 persen, lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi 2018 yang diprediksi sebesar 5,1 persen.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Chief Executive Officer (CEO) Citibank Indonesia Batara Sianturi dalam acara Infobank Top 100 Bankir yang bertema “How to Navigate Companies Through Global Turbulance and Political Risk 2019” di Jakarta, Selasa, 30 Oktober 2018.

Dia mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019 yang lebih lambat dibanding tahun ini sejalan dengan masih adanya risiko ketidakpastian ekonomi global yang terus meningkat. Salah satunya terkait dengan intensitas perang dagang AS dan China yang semakin tinggi.

“Karena ini ada ketidakpastian ekonomi global yang masih tinggi terutama perang dagang dan adanya rencana kenaikan suku bunga The Fed,” ujarnya.

Perekonomian nasional yang diperkirakan melambat di tahun depan juga sejalan dengan kondisi perekonomian global yang diproyeksi juga melambat. Berdasarkan riset Citibank, pertumbuhan ekonomi global pada 2019 diperkirakan sebesar 3,2 persen lebih rendah dari proyeksi pertumbuhan ekonomi di 2018 yang sebesar 3,3 persen.

Ketidakpastian perekonomian global ini telah mendorong beberapa bank sentral menaikkan suku bunga acuan sebagai langkah untuk menarik dana asing yang masuk. Bank Indonesia (BI) pun sudah menaikkan suku bunganya sebanyak 150 bps menjadi 5,75 persen di tahun ini. Bahkan BI masih memiliki ruang untuk menaikkannya lagi.

“Policy rate yang sekarang akan naik satu kali lagi di tahun ini dan satu lagi di tahun depan menjadi 6,25 persen. Faktor eksternal tentu memengaruhi kebijakan Bank Sentral Indonesia,” ucapnya.(Jft/.Infobanknews)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...