Bupati: 17.000 Wisatawan Kunjungi Wakatobi

Konfrontasi - Jumlah wisatawan, baik mancanegara maupun domestik, yang berkunjung ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara sepanjang tahun 2015, mencapai kurang lebih 17.000 orang.

"Sepanjang tahun 2015, jumlah wisatawan yang ke Wakatobi kurang lebih mencapai 17.000 orang," kata Bupati Wakatobi, Hugua di Kendari, Minggu (27/12/2015).

Menurut dia, meningkatnya jumlah wisawatan di Wakatobi yang saat ini sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan terbaik Indonesia, setelah di kabupaten tersebut dibangun bandara Matahora di Pulau Wangiwangi, ibukota Kabupaten Wakatobi.

Awal bandara tersebut dibangun (tahun 2009) kata dia, jumlah wisatawan yang ke Wakatobi hanya berkisar 3.000-an orang per tahun.

Saat ini kata dia, jumlah wisatawan yang ke Wakatobi terus meningkat dan diperkirakan pada tahun 2016 mendatang jumlah wisatawan ke Wakatobi sudah bisa mencapai 25.000-30.000 orang.

"Untuk mencapai angka kunjungan wisata itu, kami Pemerintah Kabupaten Wakatobi saat ini tengah mempersiapkan bandara Matahora untuk bisa didarati pesawat berbadan lebar sejenis boeing, sehingga penerbangan di Wakatobi bisa menggunakan pesawat yang bisa memuat penumpang lebih banyak," katanya.

Selaim mempersiapkan landasan pacu bandara, Pemkab Wakatobi kata dia, juga tengah mempersiapkan fasilitas terminal bandara Matahora bertaraf internasional.

Dengan begitu katanya, para penumpang, terutama mereka yang menunggu keberangkatan pesawat, bisa merasakan kenyamanan.

"Bandara Matahora saat ini sudah dilayani dengan maskapai penerbangan Wings Air setiap hari dengan kapasitas pesawat yang dioperasikan 72 dua tempat duduk," katanya.

Selain itu kata dia, juga dilayani dengan Maskapai Penerbangan Avia Star satu kali seminggu dengan kapasitas 12 kursi," katanya. (ant/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA