Bahas Harga Minyak, Venezuela, Saudi, Qatar, dan Rusia Adakan Pertemuan

Konfrontasi - Menteri Perminyakan dan Pertambangan Venezuela, Eulogio del Pino mengatakan pada Kamis (25/2/2016) bahwa negaranya akan bertemu dengan Arab Saudi, Rusia dan Qatar pada pertengahan Maret untuk membahas upaya untuk menstabilkan harga minyak.

"Kami telah mencapai kesepakatan...di sebuah kota yang belum ditentukan, untuk memutuskan berbagai usul," kata Del Pino dalam sebuah wawancara dengan jaringan berita lokal Telesur.

Dia juga meminta semua anggota OPEC dan sekutunya berpartisipasi dalam pertemuan tersebut sehingga dapat mengambil tindakan luas untuk mengatasi pasar yang bermasalah.

"Kami perlu menyerahkan perjanjian ini ke produsen-produsen minyak utama di dunia ... dan mengambil keputusan tentang bagaimana menstabilkan pasar," tambahnya seperti dikutip kantor berita Xinhua, Jumat (26/2/2016).

Pada 16 Februari, Menteri Perminyakan dari Venezuela, Arab Saudi, Rusia dan Qatar menandatangani kesepakatan di Doha tentang koordinasi tindakan untuk membekukan produksi minyak dalam upaya menstabilkan harga minyak dunia dan memastikan keuntungan berlanjut dari industri.

Perusahaan minyak nasional Venezuela PDVSA juga menyatakan para menteri sepakat untuk membentuk sebuah komite monitoring "untuk menindaklanjuti hasil tindakan-tindakan ini."

Pemerintah Venezuela telah aktif mengupayakan pembekuan produksi sejak pertengahan 2015 karena harga minyak telah jatuh sekitar 70 persen sejak pertengahan 2014 menjadi di bawah 33 dolar AS per barel pada Rabu (24/2/2016) kemarin. (ant/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA