20 July 2019

Warga Antusias Sambut Festival Kampung Alpukat

KONFRONTASI-Ribuan warga Jakarta Selatan antusias mengikuti Gebyar Festival Budaya Betawi Cipedak Kampung Alpukat 2019, di Jalan Srengseng Sawah, RW 09, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Wali kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji. Menurutnya, melalui Gebyar Festival Budaya Betawi Cipedak ingin memperkenalkan buah Alpukat Cipedak yang menjadi buah khas di Kampung Cipedak ini. Selain itu, juga untuk mempromosikan kesenian Betawi, kuliner Betawi, dan lainnya.

"Saya melihat animo masyarakat terhadap festival yang digagas oleh warga Kampung Cipedak ini terus meningkat. Tahun lalu hanya sekitar 90-an stand bazar, sekarang ini sudah ada sebanyak 150 stand bazar," terang Isnawa Adji, Sabtu (15/6/2019).

Menurutnya yang paling menarik dalam festival Kampung Cipedak ini yaitu, setiap warga menanam satu pohon Alpukat Cipedak. Diharapkan dengan cara seperti ini identitas kampung ini tidak akan lekang termakan waktu.

Isnawa Adji juga berharap, khusus di Jakarta Selatan dapat membuat duplikasi kampung-kampung yang seperti ini. "Jadi kampung-kampung yang penuh inovasi, kampung yang penuh dengan inisiatif warganya, bisa bahu membahu, membaur semuanya, dan disatukan semuanya melalui festival ini," ucapnya.

Sementara Ketua Panitia Gebyar Festival Budaya Betawi Cipedak 09, Zainal Muttaqim menambahkan, usai Lomba Gerak Jalan, kegiatan selanjutnya yaitu Festival Kerak Telor yang diikuti oleh 18 peserta. Setelah itu ada lomba cerdas cermat PKK, dan malam harinya ada hiburan dari Blewah Band, Biang kerok Band dan lainnya.

"Peserta Festival Kerak Telor ini, merupakan pedagang kerak telor yang ada di wilayah Jakara Selatan," ungkap Zainal Muttaqim

Dalam festival tersebut juga tersedia stand pelayanan masyarakat, diantaranya PTSP Kecamatan Jagakarsa, Puskesmas Kecamatan Jagakarsa yang memberikan pelayanan cek golongan darah dan pemeriksaan tensi, dan lainnya.

Sedangkan Wuri Handayani (35), salah seorang warga mengaku sangat senang, karena Gebyar Festival Budaya Betawi Cipedak Kampung Alpukat kembali digelar. Dirinya juga sangat berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun.

"Kita sangat senang sekali dengan digelarnya lagi festival ini. Karena tempat ini bisa juga menjadi wadah untuk mengkreasikan Budaya Betawi," kata Wuri Handayani. (mr/poskt)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...