18 January 2020

Pengusaha Anggap Lulusan SMK Kalah dengan Lulusan SMA

KONFRONTASI -  Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ternyata lebih banyak diserap di sektor perhotelan daripada restoran, apalagi kafe.
Alasannya, tak semua lulusan SMK ini bisa pas dengan bidang kerja yang ada di restoran maupun kafe.
D’kampoeng misalnya. Usaha kuliner yang membawa konsep pujasera di Surabaya Town Square ini karyawannya justru lebih banyak lulusan sekolah umum (SMA) ketimbang yang jebolan SMK.
“Masalahnya lulusan SMK ini tidak bisa fleksibel. Mereka yang jurusan tata boga misalnya, jika diberi tugas jadi waitrees atau waiter masih pikir-pikir. Sebab orientasi mereka lebih ke produk,” tegas Walli H Firdian, Operation Manager D’Kampoeng.
Sedangkan lulusan SMA, lanjut pria yang akrab disapa Willy ini, meski tak disiapkan untuk kerja, namun saat dihadapkan pada dunia kerja mereka bisa masuk ke segala lini.
“Apa pun bisa mereka kerjakan,” paparnya.
Karena itu pula, di rumah makan tradisional ini dari 45 karyawannya 70 persen adalah lulusan SMA sedang sisanya lulusan SMK. “Lulusan SMK ini tidak bisa multifungsi staf,” beber Willy.Komentar senada dilontarkan Puguh Nuksmawan, Direktur Operasional Eclectic Groups. Sejauh ini tempat hiburan malam di Surabaya Town Square ini mengutamakan calon karyawan yang punya semangat kerja daripada ketrampilan.
“Karena ternyata mereka yang punya semangat kerja bagus hasilnya lebih ketimbang mereka yang didukung knowledge,” katanya.
Ditekankan Puguh, ilmu yang dimiliki seseorang belum tentu bisa diaplikasikan di semua bidang pekerjaan.
“Setiap perusahaan tentu punya kebijakan berbeda. Jadi seseorang yang punya knowledge belum tentu bisa langsung menyesuaikan diri dengan kebijakan di perusahaan yang dia mau masuki,” tegasnya.
Puguh tak menepis, pihaknya harus memberi pelatihan lebih intens pada karyawan baru yang mengantongi ijasah SMA. Namun, dengan semangat tinggi pelatihan itu bisa diserap lebih cepat dan hasilnya tak kalah dibanding mereka yang lulusan SMK.
“Jadi kembali ke yang bersangkutan. Mereka yang punya semangat tentu akan berusaha belajar agar bisa mendapatkan ilmu di bidang tugas yang dibebankan padanya,” urai Puguh. (Juft/Surya)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...