8 December 2019

Kilas Balik, terbitnya Buku ''Mandat Perubahan'', seberkas catatan

KONFRONTASI- Buku Mandat Perubahan ini merupakan kenangan yang hampir hilang dari anak-anak pergerakan yang menggerakkan dukungan kepada SBY-JK dalam pilpres 2004. Buku sahaja ini merupakan refleksi dan catatan atas hiruk pikuk dan segenap aspirasi dan harapan publik atas kepemimpinan SBU untuk melakukan perubahan dan kemajuan.  Buku Mandat perubahan : kesaksian anak pergerakan'' diterbitkan Pendulum 2005, 300 halaman,ISBN:9799868076, tersimpan di librari ISEAS Singapore:

’’ Politics is politics is politics…,’’ kata SBY di hadapan para wartawan yang mengerubutinya di Media Center waktu itu 2004

Buku ini lahir atas kecemasan dan kegelisahan penulisnya terhadap jalannya reformasi yang bengkok dan tidak jelas di negeri ini.

Lima tahun reformasi sampai 2004 ditandai dengan  kiprah partai-partai politik yang  gagal menjadi  wadah bagi pelembagaan kepemimpinan  yang demokratis,  gagal  sebagai miniatur pluralitas masyarakat, gagal menjadi media pendidikan politik bagi rakyat,  gagal  berfungsi sebagai pengendali konflik dan gagal mengkonsolidasikan demokrasi.

         Berbagai kegagalan itu bisa dilihat dari tidak adanya pemimpin partai yang kredibel, bersih dan berwibawa, bermoral etis dan bertanggung jawab. Para elite partai yang berkuasa  tidak memiliki komitmen menegakkan hukum dan memberantas korupsi, akibatnya korupsi di era reformasi ini tumbuh lebih subur dan meluas.

(FF)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...