Gelar Kirab Budaya, Pemkab Gresik Promosikan Budaya

Konfrontasi - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur mempromosikan wilayah setempat dengan menggelar kirab budaya perjalanan awal terbentuknya daerah tersebut, sekaligus memperingati Hari Jadi ke-528 Kota Gresik.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Senin (9/3), mengatakan kirab digelar dengan berkeliling sejumlah ruas jalan raya menggunakan kereta kencana yang ditumpanginya dengan beberapa pejabat.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari promosi daerah, dan saya berharap agar masyarakat Gresik tahu sejarah saat berdirinya Gresik tanggal 9 Maret 1487, yakni adanya penobatan Sunan Giri atau Prabu Satmoto," katanya di Gresik.

Sambari mengaku, kegiatan kirab budaya akan terus dipertahankan sebagai agenda rutin dalam peringatan hari jadi Kabupaten Gresik.

Sementara Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim berharap dari kegiatan ini masyarakat bisa menghormati leluhurnya, yakni Prabu Ainul Yakin.

"Dengan penghormatan ini kami berharap berkah Allah SWT dan kami ingin mengajari masyarakat untuk bersyukur dan membangun kebersamaan," katanya.

Dalam kirab budaya itu, Bupati dan Wakil Bupati Gresik langsung memimpin rombongan dengan menggunakan pakaian gamis warna putih, bersurban serta mengenakan penutup kepala ala Sultan Jawa.

Keduanya berkeliling wilayah Gresik mengendarai kereta kencana, dan diikuti beberapa kelompok seni dan tarian tradisional seperti Pencak Macan, Reog, Jaranan, Tayub serta beberapa kesenian lain.

Kegiatan kirab, berakhir di Pendopo Kabupaten Gresik, kemudian bersama-sama masyarakat menggelar kegiatan tasyakuran di depan Alun-alun.(akl/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA